13 Nov 2013

Bitmap image and grafik vektor

Software komputer grafis secara umum terbagi 2 kategori,yaitu sofware komputer grafis berbasis bitmap dan berbasis vektor. Baca juga di SINI

  1. Bitmap Image
    Bitmap image yang secara teknis di sebut raster image, menggunakan grid warna yang di sebut pixel (picture elemen) biasanya di gunakan untuk mempresentasikan gambar. Tiap pixel menyimpan informasi lokasi dan nilai warna tertentu. sebagai contoh, gambar ban sepeda (dalam lingkaran) berikut berbentuk dari mosaik/susunan pixel pada lokasi tersebut. Nitmap image adalah media elektronik yang paling umum untuk menyimpan gambar dengan nada continu (continuos-tone image), seperti foto atau lukisan digital, karena bitmap mampu mempresentasikan gradasi bayangan dan warna yang halus. Bitmap image memiliki jumlah pixel yang pasti sehingga disebit resolution-dependent. Konsekuensinya, bitmap image akan kehilangan detail dan tampak kasar bila di perbesar di monitor atau di cetak pada pada printer dengan resolusi rendah.
  2. Grafik Vektor
    Grafik vektor (vecto graphics) terbentuk dari garis dan kurva yang didefinisikan secara sistematis yang di sebut Vektor. Vektor menggabarkan sebuah image yang mengacu kepada karakteristik geometrisnya. Sebagai contoh Ban sepeda pada grafik vektor terbentuk dari definisi matematis dari lingkaran dengan jari-jari tertentu pada lokasi tertentu pada lokasi tertentu dan berisi warna tertentu. Vektor grafis di sebut resolution-independent, sehingga perbesaran dengan skala berapa pun dan pencetakan dengan resolusi berapa pun tidak akan mengurangi kualitas grafik. Grafik vektor  bagus digunakan untuk mempresentasikan grafik dengan garis tetap tegas ketika di perbesar, misalkan loo perusahaan.

    Amir Fatah Sofyan
    Toni Hidayat

0 komentar

click to leave a comment!

Tingkat kecerdasan, kebijaksanaan dan kearifan seseorang bisa dinilai dari bobot serta kualitas isi pembicaraannya
EmoticonEmoticon