15 Nov 2014

Cara Mudah Unlock Bootloader pada Motorola Moto G | Android

Jika Sahabat Droid memiliki Moto G, maka Sahabat Droid harus mengetahui bahwa Sahabat Droid dapat dengan mudah berkuasa penuh atas kinerjanya Smartphone, tentu saja hal yang pertama kali di lakukan ketika berpikir untuk mengotak atik Smartphone berbasis Android yaitu membuka Bootloader. 

Dengan demikian pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial mengenai "Cara Mudah Unlock Bootloader pada Motorola Moto G | Android". Sebelum membahas lebih jauh lagi sebaiknya Sahabat Droid menyempatkan untuk membaca artikel sebelumnya mengenai "Cara Mudah Rooting Moto G via CMD".

Mengenal Bootloader

Ketika pertama kali Sahabat Droid membeli sebuah perangkat Android baru, maka OS yang di berikan dari developer kepada user yaitu dengan bootloader terkunci. Bootloader it sendiri merupakan sebuah Operation System (OS) standar dari pabrik atau standar pembatasan dari developer. Sama halnya yang terjadi pada Moto G pasti Bootloader yang diberikan akan terkunci. Bootloader adalah program kecil yang berjalan pada semua OS, karena tanpa itu Sahabat Droid tidak dapat menggunakan Smartphone. Pada dasarnya, program kecil ini berjalan setiap pertama kali Sahabat Droid menyalakan Motorola Moto G, bootloader akan memuat OS dan program dan fitur yang dibangun yang terletak di memori ROM dan RAM.


Cara Mudah Unlock Bootloader pada Motorola Moto G | Android

Fungsi Bootloader

Setelah bootloader terbuka, maka Sahabat Droid sudah dapat meng-otak atik Moto G sesuai dengan keinginan dan kemauan kita, seperti pemulihan custom recovery image CWM atau recovery TWRP pada Smartphone, update dengan firmware custom ROM (seperti CM 11, AOKP, OmniROM dan sebagainya), flash custom kernel, overclock / undervolt CPU, menghapus bloatware, menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, Snartphone Sahabat Droid akan menjadi taman bermain baru, di mana Sahabat Droid dapat dengan mudah menyesuaikan, mengoptimalkan dan mengubah program built-in, fitur, tema dan yang lainnya.

Jika Sahabat Droid menginginkan semua itu pada Motorola Moto G, maka Sahabat Droid harus menyelesaikan langkah demi langkah dengan benar. Langkah-langkah dibawah ini tidak ada hubungannya dengan Google atau dengan Motorola karena proses ini akan menghapus pembatasan pabrik dan standar dari sistem internal telepon, dengan membuka bootloader ini Sahabat Droid akan kehilangan garansi apabila masa berlaku pada Moto G masih ada. Namun Sahabat Droid tidak perlu kawatir meskipun telah kehilangan garansi Sahabat Droid bisa memulihkan kapanpun jika di inginkan. Untuk melakukannya Sahabat Droid harus mengembalikan OS Smartphone dalam keadaan awal atau OS dari pablik.


Persiapan :

Sebelum memulai langkah-langkah yang tepat, ada baiknya Sahabat Droid menyiapkan semua prosedur yang diperlukan. Jangan melewatkan bagian ini karena ini merupakan salah satu bagian yang paling relevan dari langkah demi langkah Unlock Bootloader. Berikut ini catatan kecil yang harus di perhatikan :
  • Smartphone Motorola Moto G yang akan kita Unlock Bootloader serta kabel USB nya.
  • Komputer atau notebook dan menonaktifkan antivirus, antimalware dan perlindungan Firewall sementara. Alat-alat ini dapat mengganggu prosedur unlocking pada Motorola Moto G.
  • Aktifkan USB debuging pada Moto G, hal ini berfungsi sebagai penghubung antara PC dengan Smartphone agar bisa kita modifikasi, sebenarna USB debuging ini diperuntukkan bagi para pengembang atau developer. Sahabat Droid bisa simak pada artikel sebelumnya. Baca di SINI
  • Pastikan baterai terisi di atas 60% untuk mencegah kematian dan merusak proses. 
  • PENTING! Silahkan Backup terlebih dahulu semua aplikasi yang ada pad pada data telephone, karena proses ini akan menghapus semua data telephone Anda seperti kontak dan data penting lainnya. Jadi usahakan untuk membuat File cadangan.

Untuk Tools

  • Download adb driver di SINI
  • Install motorola driver dari SINI

Step by step bootloader Moto G

Terapkan langkah ini panduan langkah demi hanya untuk membuka bootloader dari nomor model Motorola Moto G. Langkah-langkah di bawah hanya kompatibel dengan perangkat Android Motorola.
  1. Download adb driver kemudian silahkan Sahabat Droid ekstrak file zip nya.
  2. Install motorola driver
  3. Aktifkan usb debugging pada Moto G, langkah langkah bisa di lihat di atas
  4. Buka folder hasil ekstrak zip tadi, kemudian silahkan Sahabat Droid klik "runme read-data UBL" lalu matikan Smartphone, tunggu hingga bebrapa menit.
  5. Reboot smartphone Sahabat Droid dalam mode fastboot, untuk modus fastboot tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan.
  6. Sekarang saatnya menghubungkan Moto G dengan komputer Sahabat Droid melalui kabel USB untuk membuat sambungan. Nanti akan terbaca kode unlock nya.
  7. Copy hasil data tadi dan paste di word atau notepad, lalu hilangkan semua spasi yang ada, kemudian copy hasil word atau notepad tadi
  8. Kemudian silahkan Sahabat Droid buka link di bawah ini, open new tab saja biar enak bacanya. "https://motorola-global-portal.custhelp.com/app/standalone/bootloader/unlock-your-device-b"
  9. Copy pastekan hasil word atau notepad tadi pada kolom 6 lalu klik "Can my device be unlocked" jika berhasil nanti sahabat droid akan dapat email balasan dari motorola. biasanya kode unik terdiri dari 20 karakter kode alfanumerik.
  10. Buka lokasi folder hasil ekstrak zip tadi, trus tekan tombol shift + klik kanan pada folder"root via CMD" pilih "Run command windows from here" kemudian ketik:  "fastboot oem unlock [20 karakter kode alfanumerik yang di kirim dari email motorola].
Note : Resiko tanggung sendiri, pesan saya "Jangan Pernah Takut Salah dan Jangan Pernah Takut Untuk Mencoba Sesuatu yang Baru"
Demikianlah tutorial singkat mengenai "Cara Mudah Unlock Bootloader pada Motorola G | Android" yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat dan dapat membatu Sahabat Droid semua. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung di situs sederhana ini.  Baca juga artikel-artikel menarik lainnya mengenai Android silahkan sahabat droid jelajahi di situs ini. Terima kasih

3 komentar

click to leave a comment!

23 Januari 2015 21.55 Delete comments

Wah artikelnya Keren abis...... lengkap banget
main-main ke blog ane ya :) http://bagussshare.blogspot.com/2015/01/cara-mengaktifkanenable-registry-editor.html

Reply
avatar
25 Januari 2015 19.24 Delete comments

Makasih dah ngunjungin blog ane,, oke siap gan :)

Reply
avatar
3 Februari 2015 15.17 Delete comments

kalu mau di lock kembali bro gmana cara nya

Reply
avatar

Tingkat kecerdasan, kebijaksanaan dan kearifan seseorang bisa dinilai dari bobot serta kualitas isi pembicaraannya
EmoticonEmoticon