18 Mei 2016

Cara pintar mengelola dan mentransfer data dari Android ke PC tanpa kabel USB

Cara pintar mengelola dan mentransfer data dari Android ke PC tanpa kabel USB - Sebagian besar orang terbiasa mengelola dan mentransfer data dari perangkat Android ke PC/Komputer melalui kabel USB. Namun butuh banyak waktu dan usaha. Pertama, Anda perlu mencari kabel USB. Kedua, Anda harus menghubungkannya ke Android dan komputer. Selain itu, beberapa keadaan yang tak terduga dapat terjadi dari waktu ke waktu. Misalnya, Anda tidak dapat menemukan kabel USB. Oleh karena itu, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana untuk mentransfer data dari Android ke PC tanpa menggunakan kabel USB. 

Tapi jangan khawatir ada  solusi dari setiap masalah, salah satunya dengan menggunkan Aplikasi AirDroid yang sudah disediakan di Google Play. AirDroid adalah aplikasi Android yang bagus dan memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengontrol perangkat Android dari browser web "over-the-air", berarti tanpa menghubungkan kabel USB.



Untuk memulai, unduh dan pasang AirDroid dari GogglePlay. Alur dari aplikasi ini adalah ketika Anda selesai menginstall dan menjalankan aplikasi serta membuat akun AirDroid, Anda akan diberikan sebuah alamat IP dan kata sandi. Kedua hal ini akan membantu Anda terhubung ke Android menggunakan komputer sehingga Anda dapat mengelola data yang ada di ponsel Android dan sebaliknya.

Persiapan 

Berikut ini adalah ketentuan yang harus dipenuhi sebelum Anda mengikuti panduan yang akan kami berikan :
  • Notebook/Laptop yang Anda gunakan harus mempunyai fitur WiFi, kenapa demikian? hal ini dikarenakan proses transfer data nantinya menggunakan perantara WiFi
  • Web browser pada PC/Notebook Anda seperti Google Chrome
  • Download dan Install Aplikasi AirDroid dari Google PlayStore atau langsung melalui link dibawah ini

Cara mengelola dan mentransfer data dari Android ke PC tanpa kabel USB 

Steep 1 - Buka aplikasi AirDroid yang sudah Anda install sebelumnya


Steep 2 - Silahkan registrasi dahulu, lewati saja jika anda tidak berminat untuk registrasi, tapi saran kami untuk menggunakan fitur lain dalam aplikasi ini Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu.


Steep 3 - Hubungkan ponsel Android dan PC/Notebook menggunakan WiFi, anda bisa memanfaatkan hotspot dari ponsel Android Anda atau bsa menggunakan Baidu WiFi Hotspot. Pada tahap ini saya rasa Anda sudah mengerti semuanya.

Steep 4 - Pada halaman utama Aplikasi anda diberikan hak akses berupa Url untuk masuk ke layanan AirDroid


Steep 5 - Ketikkan alamat IP yang sudah disediakan ke web browser dekstop Anda "ex : http://192.168.43.1:8888",  kemudian Anda akan diminta persetujuan untuk menghubungkan ponsel Android agar dapat diakses di web-browser Notebook.Tekan tombol Accept


Steep 6 - Setelah Anda menekan tombol Accept pada aplikasi AirDroid secara otomatis akan terbuka semua fitur yang disediakan oleh AirDroid di web-browser PC/Notebook Anda


Steep 7 - Untuk memindahkan data dari ponsel Android ke PC/Notebook, Anda tinggal memilih salah satu menu yang sudah disediakan. Sebagai contoh saya ingin mengirim foto kemudian saya pilih menu File >> Cari foto yang akan dikirim >> Download



Aplikasi ini bebas biaya dan Anda dapat mendownloadnya dari Google PlayStore. Namun jika Anda menginginkan fitur yang lebih komplit ada yang versi berbayar. Dengan adanya Aplikasi ini dapat dengan mudah, cepat dan aman untuk transfer data.

Terimakasih sudah membaca tutorial singkat ini mengenai "Cara pintar mengelola dan mentransfer data dari Android ke PC tanpa kabel USB". Jangan lupa untuk berbagi dengan kami apa yang Anda pikirkan tentang Aplikasi ini, silahkan berkomentar jika mengalami kesulitan melalui form yang sudah disediakan.

0 komentar

click to leave a comment!

Tingkat kecerdasan, kebijaksanaan dan kearifan seseorang bisa dinilai dari bobot serta kualitas isi pembicaraannya
EmoticonEmoticon