11 Mei 2016

Kenapa harus menginstall TWRP/CWM pada Android?

Kenapa harus menginstall TWRP/CWM pada Android? Pertanyaan ini mungkin sering sekali ditanyakan pada saat ingin meng-custome/recovery smartphone yang akan kita install ulang, mungkin bagi kalian yang sering mengoprek smartphone tidak lagi asing tentang TWRP/CWM atau fungsi dari TWRP/CWM itu sendiri. 

Perbedaan TWRP dan CWM pada umunya mempunyai fungsi yang sama namun istilah CWM lah yang lebih familiar dibandingkan dengan TWRP. Semakin populernya istilah CWM, ada beberapa situs maupun sumber yang mengatakan bahwa recovery yang merka pasang adalah CWM melainkan itu adalah TWRP. Tetapi pada umumnya pengguna android di tanah air ini kerap kali menggunakan recovery CWM bila dibanding dengan TWRP.

Kenapa harus menginstall TWRP/CWM pada Android?

Apa itu CWM?

CWM adalah kepanjangan dari Clockworkmod. CWM sendiri adalah hasil dari modifikasi recovery asli, fitur yang ada di dalamnya lebih lengkap jika dibandingkan dengan recovery bawaan device android anda. Salah satu fungsi yang terdapat dalam CWM bisa digunakan untuk install/flash ulang, factory reset, bahkan bisa juga digunakan untuk backup dan restore, tampilan dari CWM biasanya masih basic, sama seperti recovery bawaan serta cara pengoperasiannya juga masih menggunakan tombol power, vol-up maupun vol-down.

Apa itu TWRP?

TWRP adalah kepanjangan dari Team Win Recovery Project. TWRP sendiri adalah recovery open-source pada android yang sudah bisa menggunakan touchscreen/layar sentuh. Secara keseluruhannya fungsi TWRP sama dengan CWM, hanya berbeda pada tampilan dan cara penggunaannya.

Note: Pada dasarnya fungsi CWM dan TWRP adalah sama, yang membedakannya dalah tampilan dan cara pengoperasiannya. Dimana TWRP sudah bisa touchscreen dan CWM masih menggunakan tombol Power, vol up dan down.

Kenapa harus menginstall TWRP/CWM pada Android?

  • TWRP/CWM ini dapat membuat dan mengembalikan sebuah backup image yang sebelumnya sudah kalian backup terlebih dahulu - Sebuah backup image akan membuat salinan dari semua aplikasi, pengaturan maupun data aplikasi pada device Android anda. 

    Backup dan restore  ini sangatlah penting jika ketika percobaan hacking anda gagal, dan anda dapat menggunakan fitur ini "backup image" yang telah dibuat sebelumnya untuk mengembalikan fungsi telepon anda seperti semula.

  • Dengan TWRP/CWM Anda dapat melakukan install ulang/flashing/Custom ROM sesuai keinginan anda. Bagi Anda yang suka meng-custom ROM bawaan ke ROM lain juga sepenuhnya dapat merubah seperti penampilan dan fungsi-fungsi yang ada pada sebuah smartphone

  • Yang sering dilakukan ketika menggunakan TWRP/CWM digunakan untuk melakukan flashing smartphone atau meng-custom Recovery seperti saya.

Mungkin hanya itu saja yang sekilas tentang TWRP/CWM pada Android, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai Android. Terima kasih sampai jumpa

0 komentar

click to leave a comment!

Tingkat kecerdasan, kebijaksanaan dan kearifan seseorang bisa dinilai dari bobot serta kualitas isi pembicaraannya
EmoticonEmoticon