14 Mei 2016

Menyimpan foto dan video dari kamera ke SD card Android

Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat menyimpan foto yang Anda ambil dari kamera android langsung ke kartu SD? Anda dapat menghemat ruang penyimpanan pada telepon itu sendiri dengan cara menyimpan langsung hasil jepretan anda ke kartu SD. Beberapa versi Android mungkin tidak membiarkan Anda melakukan hal ini, tapi masih mungkin dilakukan dengan mengkonfigurasi pengaturan pada device Android.

Proses ini sangat mudah, dan dapat diterapkan untuk setiap ponsel Samsung (Galaxy S2, S3 Mini, S4, S5, dll, tapi tidak S6), serta penggemar kartu SD lain seperti LG, HTC atau Xperia. Langkah-langkah tertentu mungkin sedikit berbeda, tapi konsepnya hampir sama semua.


Menyimpan foto dan video dari kamera ke SD card pada Marshmallow

Hal pertama yang Anda butuhkan untuk menyimpan gambar secara langsung dalam memori eksternal. Masukkan ke dalam smartphone Anda, buka aplikasi kamera kemudian anda akan mendapatkan pop up atau pesan yang meminta Anda jika ingin mengubah lokasi penyimpanan ke memori exsternal SD card. Popup sama terjadi pada sebagian besar perangkat ketika membuka aplikasi kamera setelah memasukkan kartu SD. Ketuk tombol ok untuk menyimpan foto maupun vidio ke memory exsternal. Sederhana bukan.

Jika kebetulan beberapa pesan itu tidak muncul, Anda perlu untuk mengkonfigurasinya secara manual. Untuk melakukan ini, Anda pergi ke pengaturan kamera app dan gulir ke bawah dan pilih Storage/Penyimpanan. Pada tampilan dibawah ini Anda dapat memilih penyimpanan foto maupun video ke memori internal atau SD card/memori exsternal.


Menyimpan foto dan video dari kamera ke SD card pada Android 4.4 KitKat

Android 4.4 KitKat tidak seperti kartu SD begitu banyak dan gambar akan disimpan dalam memori internal secara default dengan ada cara mudah untuk mengubah menyimpan lokasi.

Dengan menggunakan memori exsternal/SD card, maka anda tidak akan membebani memori internal Smartphone anda dengan banyaknya hasil jepretan. Untuk menyimpan hasil jepretan kamera pada Android 4.4 KitKat anda bisa melihat tutorial sebelumnya lengkap dengan screenshotnya, simak berikut ini cara cepat mengubah penyimpanan foto ke sd card

Apa yang terjadi dalam Android 5.0 Lollipop?

Android 5.0 Lollipop sangat simple, sehingga lebih mudah untuk mengatur menyimpan lokasi untuk hasil jepreta dari kamera. Apps sekali lagi telah membaca dan menulis akses ke direktori penyimpanan removable. Yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa telepon Anda memiliki aplikasi kamera. Untuk menyimpan hasil jepretan kamera pada Lollipop anda bisa melihat tutorial sebelumnya lengkap dengan screenshotnya, simak berikut ini cara cepat mengubah penyimpanan foto ke sd card

Jika smartphone Anda tidak memberikan akses menyimpan ke kartu SD, maka Anda dapat men-download aplikasi kamera yang berbeda kemudian periksa pengaturan pada aplikasi tersebut dan carilah pilihan mode penyimpanan gambar/foto.

Apa yang terjadi pada perangkat Samsung?

Hal-hal yang dilakukan cukup sederhana pada perangkat samsung. Hanya menyisipkan kartu SD Card kemudian membuka aplikasi kamera. Selanjutnya Anda akan disajikan dengan sebuah jendela yang menawarkan Anda pilihan untuk menggunakan kartu SD sebagai pilihan penyimpanan foto maupun video.



Jika Anda tidak kebetulan melihat jendela ini, maka Anda dapat membuka menu pengaturan kamera app (ikon perkakas) dan gulir ke bawah untuk lokasi penyimpanan, tekan itu dan kartu memori yang dipilih. Pekerjaan yang dilakukan.

0 komentar

click to leave a comment!

Tingkat kecerdasan, kebijaksanaan dan kearifan seseorang bisa dinilai dari bobot serta kualitas isi pembicaraannya
EmoticonEmoticon