29 Mei 2016

mToken BRI begini cara registrasi dan mengaktifkannya

Cara registrasi dan mengaktifkan mToken BRI - Ketika saya menyelesaikan pendaftaran Internet Banking BRI yang pada saat itu dengan menggunakan mesin ATM, dalam pikiran saya setelah masuk ke akun Internet Baking BRI bisa langsung bertransaksi melalui internet baik itu berupa transfer uang, membayar tagihan, pembelian voucher pulsa maupun transaksi lainnya. 

Namun pada kenyataannya saya belum dapat menimati layanan tersebut hal ini dikarenakan ada satu langkah yang wajib terpenuhi yaitu registrasi dan mengaktifkan mToken. Kenapa harus mengaktifkan mToken terlebih dahulu, mari kita bahas semua mengenai mToken BRI.
mToken BRI begini cara registrasi dan mengaktifkannya

Apa sih itu mToken BRI?

mToken merupakan keamanan tambahan yang dibutuhkan dalam setiap aktifitas transaksi keuangan nasabah (pembayaran tagihan, transfer dana, pembelian), mengubah alamat e-mail dan mengubah password. Anda dapat melakukan permintaan mToken di Internet Banking BRI, namun terlebih dahulu harus menyelesaikan registrasi di cabang BRI terdekat dan mengaktivasi mToken melalui Internet Banking BRI Anda.

Fungsi dan kegunaan mToken BRI itu apa?

Fungsi mToken BRI itu sendiri sebagai kode pengaman tambahan yang dirancang untuk pengguna Internet Banking BRI agar dapat melakukan transaksi keuangan. mToken nantinya akan dikirim melalui SMS ke nomor ponsel yang sudah terdaftar di internet banking setelah user melakukan permintaan mToken, 1 (satu) mToken hanya dapat digunakan sekali transaksi keuangan.
Fungsi dan kegunaan mToken BRI itu apa?
mToken ini menjadi faktor tambahan dalam hal otentikasi untuk membuktikan bahwasanya Anda adalah benar-benar pengguna akun internet banking yang sah. mToken BRI biasanya berupa perpaduan angka unik dalam postingan ini saya tidak membahas secara detile bagaimana angka tersebut bisa diketahui oleh server internet banking BRI.

mToken yang sudah Anda dapatkan dapat dimanfaatkan untuk 5 kali transaksi selamat 12 Jam. Artinya lewat dari batas waktu yang ditentukan angka (mToken) tidak bisa digunakan lagi dalam artian expired.

Apasih ketentuan dari mToken BRI

Poin 1 - Nasabah terlebih dahulu wajib melakukan registrasi dan mengaktivasi mToken.

Poin 2 - Ketika nasabah melakukan permintaan mToken maka sistem secara otomatis akan mengirim SMS berupa mToken.

Poin 3 - Setiap permintaan mToken, pengguna akan mendapatkan 5 mToken melalui SMS ke nomor yang sudah terdaftar di Internet Banking BRI.

Poin 4 - Satu mToken hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi saja.

Poin 5 - Masa berlaku mToken tercantum pada SMS Stok mToken.

Poin 6 - Ketika Anda melakukan permintaan mToken lagi maka mToken sebelumnya akan dinyatakan hangus.

Poin 7 - Jika Anda salah memasukkan mToken sebanyak tiga kali maka User ID Anda akan terblokir, dan Anda harus menghubungi Call Center BRI untuk mengaktifkan kembali.

Poin 8 - 1 nomor ponsel hanya bisa digunakan untuk satu User ID.

Provider seluler untuk registrasi mToken BRI

Adapun provider yang dapat digunakan untuk registrasi mToken BRI yaitu Indosat, Telkomsel, XL, Three, Telkom Flexi dan Bakrie Telecom yang sudah bekerja sama dengan Bank BRI

Bagaimana cara registrasi mToken BRI?

Bagaimana cara registrasi mToken BRI?

Langkah 1 - Anda harus pergi ke cabang BRI terdekat untuk melakukan registrasi, yang harus Anda siapkan untuk registrasi mToken BRI adalah kartu ATM atau buku tabungan dan KTP serta nomor provider yang sudah bekerja sama dengan Bank BRI.

Langkah 2 - Kemudian anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran nomor handphone untuk mToken Internet Banking BRI.

Langkah 3 - Setelah Anda selesai registrasi, Anda akan mendapatkan SMS berisi nomor Aktivasi mToken Internet Banking. Segera aktifkan mToken di akun Internet Banking melalui cara berikutnya.

Bagaimana cara mengaktifkan mToken BRI?

Langkah 1 - Silahkan Anda login terdahulu ke akun Internet Banking BRI, kemudian pilih menu [Layanan nasabah]

Langkah 2 - Pilih menu [Aktivasi mToken]

Langkah 3 - Cek terlebih dahulu apakah nomor Aktivasi yang ada di layar Internet Banking sama dengan nomor aktivasi pada SMS yang Anda terima.

Langkah 4 - Masukkan nomor Aktivasi mToken tersebut kemudian klik [Kirim]. Pada tahap ini Anda sudah mengatifkan mToken BRI.

Note : menu [Aktivasi mToken] akan tampil jika Anda sudah sukses melakukan registrasi mToken

Bagaimana cara mengganti nomor pengiriman mToken BRI?

Untuk mengganti nomor pengiriman mToken Anda harus mengubungi terlebih dahulu ke Call Center BRI untuk meminta menghapus nomor ponsel Anda. Setelah itu lakukan registrasi mToken melalui cabang BRI, atau Anda bisa datang langsung ke cabang BRI terdekat.

Baca juga :

Pada saat anda melakukan pengiriman mToken BRI Anda akan dikenakan tarif biaya SMS yang diambil dari pulsa nomor ponsel yang bersangkutan. Mungkin hanya itu saja sekelumit pengetahuan mengenai "mToken BRI begini cara registrasi dan mengaktifkannya" yang dapat saya jabarkan. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih sudah membaca tutorial singkat ini, silahkan berkomentar jika mengalami kesulitan melalui form yang sudah disediakan.

0 komentar

click to leave a comment!

Tingkat kecerdasan, kebijaksanaan dan kearifan seseorang bisa dinilai dari bobot serta kualitas isi pembicaraannya
EmoticonEmoticon